Berisi Pengetahuan, Artikel, Tutorial, dan Tips yang Bermanfaat dan Berguna.

Header Ads

Visitors

Followers

Tuesday, January 3, 2012

Prosesor



Macam-macam Prosesor Intel (versi pentium)


  1. Intel Celeron D, merupakan prosesor versi murah dari Intel. Prosesor ini juga disebut sebagai pesaing AMD Sempron. Prosesor ini menggunakan socket 478 dan LGA775,. Chace L2 pada Prosesor Celeron D Hanya berkisar pada 256 Kb.

  1. Intel Pentium 4, merupakan prosesor intel yang umum dipakai. Versi lama masih manggunakan soket 478, sedangkan versi terbarunya saat ini menggunakan soket LGA775. L2 cache pada prosesor ini berkisar 1-2 Mb. Beberapa diantaranya sudah dilengkapi teknologi Hyper Threading (HT). Hyper Theading merupakan teknologi prosesor intel dimana piranti lunak (software) akan mendeteksi 2 prosesor, padahal secara fisik (hardware) hanya terdapat 1 Prosesor.

  1. Intel Pentium D, merupakan prosesor Pentium 4 dengan dua inti Prosesor (Dual Core). Dengan adanya dua inti , program-program yang sudah mendukung akan dijalankan oleh dua inti prosesor.L2 cache pada prosesor ini berkisar pada 2x1 Mb sampai 2x2 Mb.

Berbeda dengan Hyper Threading, dual core merupakan teknologi dimana secara fisisk sudah terdapat dua inti prosesor. Namun soket yang digunakan tetap satu buah. Berbeda lagi dengan teknologi multi prosesor dimana pada sebuah Motherboard terdapat lebih dari dua soket.

Macam-macam Prosesor AMD

AMD merupakan prosesor pesaing Intel yang memiliki kemampuan hampir sama. Namun dalam soal harga, AMD cinderung lebih murah. Seperti juga Intel, prosesor AMD dikenali dari nama yang diikuti dangan kecepatannya. Contohnya AMD Sempron 3100+. Berbeda dengan intel, perhitungan nilai 3100+ disebut dengan P rating.perhitungan ini dilakukan berdasarkan kelipatan kinerja prosesor tersebut dibandingkan dengan prosesor AMD sebelunya. Jadi, AMD 3100+ tidak berarti mempunyai frekuensi clock 3100 Mhz. Pada kenyataannya, AMD Sempron 3100+ bekerja pada kecepatan 1.8 Ghz.

1.      AMD Athlon 64, merupakan prosesor AMD yang umum dipakai. Prosesor ini menerapkan arsitektur 64bit sehingga lebih cepat. L2 chace pada prosesor ini berkisar pada 512 Kb - 1 Mb. Sebagian menggunakan soket 754 pada soket lama. Sedangkan yang lain menerapkan soket 939 bagi soket baru. Dengan teknologi HyperTransport, FSB prosesor ini mampu digeber antara 1600 hingga 2000 Mhz.

2.      AMD Athlon 64 FX merupakan Versi kelas atas dari AMD Athlon 64. beberapa diantaranya sudah menerapkan dua inti prosesor (dual core)

3.      AMD athlon 64 X2, merupakan prosesor dual core dari AMD. Dengan L2 chace 1 Mb dan FSB hingga 2000 Mhz , prosesor ini menggunakan soket 939 atau 940.

4.      AMD Sempron, merupakan prosesor versi murah dari AMD. Jenis soket yang digunakan pada prosesor ini adalah soket 462 pada soket lama. Dan soket 754 pada soket baru. L2 chace prosesor ini berkisar pada 128 Kb.


0 comments:

Post a Comment