Berisi Pengetahuan, Artikel, Tutorial, dan Tips yang Bermanfaat dan Berguna.

Header Ads

Visitors

Followers

Thursday, February 16, 2012

Pengertian Sinyal Analog dan Digital






Saat ini saya ingin memposting pengertian sinyal analog dan digital. Dengan berkembanganya ilmu teknologi. Masih ada yang nggak tau apa itu sinyal? Kenapa saya ingin memposting materi ini? Karena masih ada yang belum tahu apa itu sinyal analog dan digital. Lah, disini saya akan menjelaskan apa itu sinyal analog dan digital.(kata-katanya mbulet)

Pengertian Sinyal Analog

Sinyal analog adalah sinyal data yang berupa gelombang elektro magnetik, yang informasi dengan mengubah karakteristik gelombang dan bergerak atas dasar frekuensi. Sedangkan frekuensi sendiri adalah getaran bolak-balik sinyal analog dalam bentuk satuan per detik. Dan sinyal analog memilki 3 variabel, yaitu frekuensi, amplitude, dan phase.

Pengertian Sinyal Digital

Sinyal Digital adalah sinyal yang tidak berbentuk gelombang (tidak seperti sinyal analog), tetapi sinyal ini dapat ditransmisikan ke bentuk bit-bit biner. Sedangkan bit biner hanya ada 2 keadaan, yaitu 0 (nol) dan 1 (satu). Arti dari 0 dan 1 itu adalah 0 berarti itu menandakan bahwa tidak ada tegangan, sedang 1 berarti itu menandakan bahwa ada tegangan yang mengalir.

0 comments:

Post a Comment