Berisi Pengetahuan, Artikel, Tutorial, dan Tips yang Bermanfaat dan Berguna.

Header Ads

Visitors

Followers

Thursday, February 23, 2012

Pengertian PLC


P = Programable
Adalah menunjukkan kemampuan dalam hal memori untuk menyimpan program yang telah dibuat yang dengan mudah diubah ubah fungsi dan kegunaannya.

PLC

L = Logic
Adalah menunjukkan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic,yakni melakukan operasi membandingkan,menjumlahkan,mengalikan,mengurangi,dan/AND,atau/OR,perwaktuan//timer,penghitungan/counter dlsb.
  
C : Controller
Adalah menunjukkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses,sehingga menghasilkan keluaran/output yang diinginkan.

Menurut National Electrical Manufacturing Assosiation (NEMA),PLC didifinisikan suatu perangkat elektronik digital dengan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi instruksi yang menjalankan fungsi fungsi spesifik seperti :logika,sequen,timing,counting dan aritmatika,untuk mengontrolsuatu mesin industri atau proses industri sesuai dengan yang diinginkan.PLC mampu mengerjakan suatu proses terus menerus sesuai variable masukan dan memberikan keputusan sesuai keinginan pemrograman,sehingga nilai keluaran/output tetap terkontrol.

Menurut Forum Sains.Com PLC merupakan”Komputer khusus”untuk aplikasi dalam industri untuk memonitor proses dan untuk menggantikan Hard Wiring Control dan memiliki bahasa pemrograman sendiri.Akan tetapi PLC berbeda dengan perangkat computer,karena PLC dirancang untuk instalasi dan perawatan oleh tehnisi dan ahli listrik di industri yang tidak harus mempunyai kemampuan elektronika tinggi dan memberikan kendali yang fleksible berdasarkan eksekusi instruksi logika.

Menurut CAPIEL 1982,PLC adalah system electronic yang beroperasi secara digital dan didesain untuk pemakaian di lingkungan industri,dimana system ini menggunakan memori yang dapat diprogram untuk penyimpanan secara internal instruksi instruksi yang mengimplementasikan fungsi fungsi spesifik seperti logika,urutan,perwaktuan,pencacahan dan operasi aritmatik untuk mengontrol mesin atau proses melalui modul modul I/O digital maupun analog.

0 comments:

Post a Comment